Sabtu, November 13, 2010

Siapa Tahu 13 Kegunaan Microwave?



(c)tomric.com
'Kotak pemanas' satu ini ternyata memiliki ragam fungsi yang lebih dari sekedar menghangatkan pizza beku. Apa saja itu? Mari kita telusuri bersama.
KapanLagi.com - Membasmi kuman pada spon

Saat spon tak lagi layak pakai karena aroma salmon yang mencemarinya, maka jangan buru-buru membuangnya ke tong sampah. Rendam spon dalam air bercampur dengan cuka atau perasan lemon, kemudian panaskan spon dengan suhu tinggi selama 1 menit. Gunakan sarung tangan untuk mengeluarkan spon). Cara ini bisa membasmi kuman yang melekat pada spon yang biasa Anda gunakan untuk mengelap tumpahan kuah sup.

"Dan makan malam pun siap saji..."

Mengukus, merebus, hingga memanggang makanan bisa dilakukan dengan cepat, praktis, dan mudah lewat 'kotak ajaib' satu ini. Menyediakan makan malam bagi keluarga kini tak perlu repot lagi. Yes!

Membasmi kuman pada talenan

Cuci talenan lalu gosokkan potongan lemon pada bagian yang biasa digunakan untuk alas mencincang, lalu panaskan dalam microwave selama 1 menit. Kuman pun mati.

Mau kentang panggang?

Bukan hanya kentang goreng yang lezat disantap, kentang panggang pun tak kalah enak. Dengan bantuan microwave, Anda bisa menikmati kentang panggang dalam hitungan menit saja. Anda bisa juga memasak kentang sebanyak yang bisa ditampung oleh microwave. Aturan yang tak boleh dilupakan adalah selalu periksa kondisi kematangan masing-masing kentang tiap 30 detik. Tusuk-tusuk kentang dengan garpu dan masak selama 2 menit. Balik sisi satunya dan masak lagi selama 2-3 menit. Untuk kentang tumbuk (mashed potatoes), pastikan untuk memanaskan susu dalam microwave. Susu dalam kondisi dingin hanya akan membuat kentang tumbuk jadi ikut dingin.

Melunakkan gula merah

Masukkan gula dalam plastik tahan panas, tambahkan beberapa tetes air, kemudian panaskan dengan suhu medium selama 10-20 detik.

'Mencairkan' madu yang telah mengkristal

Madu yang telah membeku bisa kembali dicairkan. Caranya buka tutup toples madu dan panaskan dalam suhu medium selama 30 detik hingga 1 menit.

Mengembangkan adonan roti

Adonan kue atau roti yang beragi biasanya membutuhkan waktu sekitar sejam atau lebih untuk bisa mengembang dalam suhu kamar. Namun, dengan bantuan microwave, Anda hanya butuh waktu 15 menit saja. Letakkan adonan dalam mangkok besar dan tutup dengan plastik. Letakkan 8 cangkir (ukuran 100 gram) air pada sisi belakang microwave dengan mangkok adonan di pusat microwave, dan nyalakan sekecil mungkin (10% power). Panaskan selama 3 menit, lalu biarkan adonan menetap dalam microwave hingga 3 menit kemudian. Panaskan lagi selama 3 menit, lalu diamkan lagi selama 6 menit. Adonan pasti mengembang.

Memanaskan obat

Anda biasa memanaskan kopi di dalamnya, jadi mengapa Anda tidak menggunakannya untuk memanaskan obat-obatan? Aturan: jangan lakukan cara ini untuk obat yang terbungkus bahan metal.

Menghangatkan produk kecantikan

Kondisioner rambut bisa dipanaskan selama 10-20 detik sebelum digunakan untuk hasil yang lebih wow. Anda juga bisa melakukan yang sama dengan masker pelembab untuk facial. Caranya aduk adonan masker dan tes seberapa panas adonan sebelum memulaskannya ke wajah. Untuk hot wax yang telah mengeras, Anda bisa memanaskannya juga dalam microwave.

Persiapan barbeque

Untuk memudahkan acara barbeque-an sore nanti, masak bahan setengah matang dengan microwave. Panaskan kentang selama 2 menit setelah ditusuk-tusuk, paprika selama 1 menit, dan marshmallow selama 30 detik.

Perasan lebih banyak

Lemon atau jeruk yang diambil dari lemari pendingin pasti lebih sulit untuk diperas daripada yang ada di suhu kamar. Untuk mendapatkan perasan maksimal, panaskan buah sekitar 20 detik sebelum diperas.

Kacang, bread crumbs, dan kelapa...

Sebarkan penganan di atas piring, dan panaskan pada suhu tinggi selama 2-3 menit, jangan lupa aduk-aduk tiap menit.

Memasak...sayur

Anda tengah menunggu air mendidih untuk bisa merebus jagung? Semua sayuran bisa dikukus dalam microwave tanpa perlu menambahkan air. Letakkan sayuran dalam selapis (jika punya) pinggan, tutup rapat dengan plastik, dan masak dalam suhu tinggi. Lamanya mengukus bervariasi, namun selalu periksa sayuran lunak seperti bayam, jamur, dan polong, setelah 30 detik. Untuk sayuran garing seperti wortel, check setelah 4 menit. 

Sumber : 
http://woman.kapanlagi.com/kuliner/tips/dapur/4707-siapa-tahu-13-kegunaan-microwave.html

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Cookies Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
Cake Illustration Copyrighted to Clarice