Sabtu, Februari 19, 2011

Kebiasaan Buruk Bisa Memperpendek Usia Hingga 12 Tahun



Riska Wandira - wolipop

img 
Dok. Thinkstock
Jakarta - Pola hidup yang buruk seringkali menjadi pemicu masalah kesehatan yang serius. Tapi tahukah Anda bahwa pola hidup yang tidak sehat dapat memotong umur Anda hingga 12 tahun?

Semua orang mendambakan tubuh yang sehat, tetapi sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui kebiasaannya setiap hari dapat memicu kondisi kesehatan menjadi buruk. Sebuah studi di Inggris menemukan bahwa kebiasaan merokok, meminum minuman beralkohol, tidak berolahraga dan mengonsumsi makanan berlemak jenuh dapat mengambil 12 tahun usia Anda. 

Seperti yang kutip dari dailymail, sebanyak hampir 5.000 orang dewasa di Inggris disertakan dalam penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Oslo dengan mengisi survei pola konsumsi, intensitas berolahraga dan tingkat stress. Lalu, setelah 20 tahun kemudian, tim peneliti menemukan fakta bahwa kebanyakan orang yang tidak menjalani pola hidup sehat telah meninggal dikarenakan gangguan pembuluh darah, serangan jantung dan kanker.

Dr Elisabeth Kvaavik salah satu peneliti dari University of Oslo mengungkapkan kriteria orang yang memiliki hidup sehat dan buruk. Menurutnya orang yang memiliki hidup sehat berarti, tidak merokok, berolahraga minimal dua jam setiap minggu dan mengonsumsi buah serta sayuran sebanyak tiga porsi setiap hari. 

"Sedangkan untuk responden yang masuk dalam kategori tidak sehat adalah yang memiliki kebiasaan merokok, berolahraga kurang dari dua jam setiap minggunya, tidak mengonsumsi buah dan sayuran dan mengonsumsi alkohol lima gelas dalam seminggu untuk pria dan dua gelas untuk wanita. Kebiasaan ini dapat mengakibatkan kematian lebih cepat dan membuat orang lebih tua dari usianya, "jelas dr Elisabeth Kvaavik.

Masih menurut dr Elisabeth Kvaavik, sebaiknya tingkatkan kesadaran diri dari setiap orang untuk mengubah pola hidup yang lebih baik. Ia menambahkan,"tidak perlu melakukan hal ekstrim untuk melakukan pola hidup sehat, cukup dengan melawan kategori yang termasuk kebiasaan buruk."


Sumber

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Cookies Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
Cake Illustration Copyrighted to Clarice